Singgah

Jumat, 05 Oktober 2012

Japanese Cheese Cake



Ini resep paling sederhana yang mudah dipraktekkan untuk membuat Japanese Cheese Cake yang enak dan yummi.....

  1.   50 gram terigu
  2.   50 gram maizena
  3.   60 gram butter
  4.   250 gram cream cheese (biarkan pada suhu ruang)
  5.   120 ml whip cream cair
  6.   3 butir kuning telur
  7.   1 butir telur utuh
  8.   5 butir putih telur
  9.   2 sdt parutan kulit jeruk lemon
  10.   1/8 sdt garam
  11.   125 gram gula pasir
  12.   1 sdm air jeruk lemon


Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bulat ukuran diameter 20 cm atau 22 cm. Alasi dengan kertas roti, olesi tipis mentega. Sisihkan. Hidupkan oven 150 derajat celcius.
  2. Campur dan ayak tepung terigu dan tepung maizena. Sisihkan.
  3. Campur butter, cream cheese, dan whip cream. Panaskan diatas api kecil sambil diaduk rata sampai meleleh. Jangan terlalu lama, asal sudah meleleh dan tercampur rata langsung diangkat.
  4. Masukkan campuran terigu dan maizena. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan telur utuh. Aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat (soft peak).
  6. Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan), aduk rata sampai homogen. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie (steam bake atau pemanggangan dg menggunakan loyang air) selama kurang lebih 75 menit atau sampai permukaan cake menjadi kuning/coklat keemasan (tergantung oven). Keluarkan dari oven.
  7. Pastikan sudah dingin sebelum melepaskan cake dari loyang. Kelupas perlahan kertas rotinya. Siap disajikan dg olesan glaze di atasnya atau diberi topping sesuai selera.


Glaze:
- 2 sdm selai apricot/strawberry/blueberry
- 2 sdm air
Panaskan selai dan air, aduk rata. Oles ke atas cake.

1 komentar:

  1. resep-resep di blog ini semua sudah pernah di coba ya pak? wah salud deh.. jarangs sekali ada seorang ayah yang juga pandai memasak.. saya sebenarnya juga suka memasak, tetapi yah kemampuannya cuma ala kadarnya.. terus berkarya ya pak.

    BalasHapus

Dhiti

Dhiti